Aug 052011
 

by wahyu pamungkas

Tema ini adalah usulan dari suhu Gimbi “The King” (Thanks pak..this part is simple, but often forgoten). Cukup susah menterjemahkan cable gland dalam bahasa Indonesia. Tapi seperti kata pepatah, gambar mengungkapkan ribuan kata.

  

Pada intinya CABLE GLAND adalah sebuah alat (non-listik) yang dipakai untuk  melekatkan dan mengamankan ujung kabel di sisi peralatan listrik. Mengapa perlu alat khusus untuk melekat di peralatan? Bukankah ada terminal kabel? Inilah fungsi CABLE GLAND, yaitu mengurangi stress pada terminal dan tembaga yang diterminasi. Stress itu disebabkan karena tarikan gravitasi berat kabel atau vibrasi. Jadi, efek mekanis kabel diluar peralatan listrik  tidak ditahan oleh terminal, tetapi oleh CABLE GLAND tadi. Pada lingkungan yang berbahaya (hazardous area), CABLE GLAND juga harus mendukung fungsi ini. Untuk CABLE GLAND  type Eex ‘d” (explosion proof), berfungsi juga menahan internal pressure  jika terjadi ledakan didalam  sebuah papan bagi (distribution panel) jenis Eex ‘d’. CABLE GLAND  juga berperan dalam instalasi bangunan higienis sehingga bisa mempertahankan tekanan bangunan lebih tinggi dari dalam bangunan (positive pressure). Ruangan  jadi bebas debu dan bebas dari rembesan air yang masuk/turun melalui kabel.  CABLE GLAND  juga berperan untuk memberikan koneksi secara fisik dari panel ke kabel armor atau shielding kabel.

CABLE GLAND sendiri memiliki berbagaia macam type  dari segi material, seperti yang dikemukakan wikipedia, terbuat dari:

  • Plastik
  • Kuningan
  • Aluminum
  • Stainless Steel

CABLE GLAND  sendiri memiliki beberapa fitur khusus alias sesuai pesanan, seperti tahan api, tahan ledakan (explosion proof), pelindung electromagnetic interference (EMI).CABLE GLAND  tahan api bertujuan untuk mencegah penyebaran api melalui kabel (yang terbakar) ke area yang lain (fire zone barrier). CABLE GLAND  tahan ledakan (explosion proof), seperti dijelaskan dimuka, memiliki kekuatan extra untuk menahan ledakan dan percikan (arcing) keluar dari panel listrik. CABLE GLAND dengan fitur EMI shielding (beserta dengan asesoris pentanahannya (grounding) dipakai jika memerlukan interferensi elektromagnetik atau interferensi gelombang radio yang minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk area industrial dan marine pada umumnya memakai CABLE GLAND  bermaterial kuningan (brass). Ini disebabkan karena kekuatan dan ketahanan terhadap korosi serta harga cukup memadai. Akan tetapi harus diingat bahwa setiap material logam memiliki daya korosif terhadap logam lain (galvanic corrosion). Pada umumnya galvanic corrosion dapat diterima jika beda potensial material tersebut  0.25 V untuk kondisi normal dan skala 0.15V pada lingkungan yang keras. Isolator biasanya dipakai untuk mencegah terjadinya galvanic corrosion jika material yang dipakai memiliki index galvanic series yang berjauhan.

Sebuah rule of thumb untuk pemilihan CABLE GLAND di area berbahaya adalah, type CABLE GLAND  mengikuti panel yang akan ditempati. Jika panel tersebut memiliki tipe proteksi Eex ‘e’ maka CABLE GLAND juga bertipe Eex ‘e’. Untuk panel dengan tipe proteksi eex ‘d’, maka CABLE GLAND yang dipasang juga Eex ‘d’.

Mungkin saat kita melihat spesifikasi CABLE GLAND, akan kita temukan istilah “double compression cable gland”. Apakah itu? Apa bedanya dengan CABLE GLAND biasa? CABLE GLAND normal, atau single compression, mengikat kabel pada armornya. Ini memang cukup kuat, tetapi uap air atau udara yang bersifat korosif  tetap dapat menembusnya. Hal inilah yang akan diminimalkan oleh double compression CABLE GLAND. Double compression CABLE GLAND memiliki 2 point untuk mengikat/memegang kabel, yaitu armor kabel dan inner sheath kabel. Dengan double barrier tersebut, diharapkan intrusi dari udara dapat diminimalisasi.

Contoh gland dengan double compression adalah seperti di gambar dibawah. Gambar disebelah kiri adalah gambar schematicnya (from http://www.cometgland.com)

Kita bandingkan dengan single compression cable gland dan double compression seperti gambar dibawah.

Terlihat pada gambar disamping dan schematic, bahwa double compression cable gland memiliki lebih dari satu seal untuk mengurangi intrusi substansi korosif.

cable gland tidak dapat berdiri sendiri. Beberapa asesoris diperlukan untuk memperlengkapi fungsinya. Hal tersebut akan diungkapkan ditulisan berikutnya.

next >> aksesoris cable gland

Print Friendly

  8 Responses to “Cable Gland”

  1. […] feed SPESIFIKASI CABLE GLANDMengubah ukuran hardisk virtual dengan GpartedCable GlandKOMENTAR MENGENAI PERHITUNGAN VOLTAGE DROP- Pada Beban dengan Daya KonstanLatex latihan […]

  2. Standart Indonesia (SNI / SPLN) yang mengatur mengenai cable gland ada pd SNI / SPLN brp Pak?

  3. Standart Indonesia (SNI / SPLN) yang mengatur mengenai spsifikasi dan instalasi cable gland ada pd SNI / SPLN brp Pak?

  4. Apa singkatan dan arti satuan PG dalam cable gland ? Seperti cable gland PG 21 untuk kabel dia 13-18 mm, PG 29 untuk kabel dia 18-25 mm .. dst. Tolong masukannya mas … Tks

  5. Terima kasih atas sharing-nya yang bermanfaat, Pak Wahyu!

    Saya memiliki instrument yang akan dipasang di luar ruangan, lubang masuk kabel mimiliki koneksi thread NPT 3/4 inch.
    1. Apakah dengan cable gland saja sudah cukup untuk aplikasi di luar ruangan ini (terkena hujan dan panas matahari) dan tidak membahayakan elektrikal instrument?
    2. Perlukah memberikan semacam sealing compound untuk mencegah rembesan air/uap air ke dalam instrumen? Kalau iya, apa nama dan jenisnya?
    3. Apa perlu ditambahkan flexible conduit? Bagaimana cara pasangnya kalau sudah menggunakan cable gland?
    4. Saya coba mencari cable gland NPT dan reducer NPT (karena ukuran 3/4″ NPT nampaknya terlalu besar, karena cable yang digunakan OD 6-10 mm saja). Apakah Bapak tahu supplier yang mempunyai produk Cable Gland NPT yang lengkap?

    Hormat Saya,

    Dody

    • Selamat subuh mas Dodi.
      Terima kasih sudah mampir di warung setrumsetruman.
      1. Untuk pertanyaan ‘tidak membahayakan’, IP ( Index Protection) dari peralatan instrument tersebut yang akan mengatakan pada anda. Kalau musuhnya hujan saja IP x4 mencukupi. Kalau pakai acara kesemprot hydrant (water jet) waktu clean-up tentu perlu IP lebih tinggi. IP dari cable gland mengikuti IP dari peralatan. TIDAK BOLEH lebih rendah. hal ini diperlakukan sama dengan class hazardouz areanya.

      2. Sealing coumpound tidak diperlukan dan dianggap over protection. Selalu ada seal sebagai accessories cable gland untuk menyesuaikan dengan IP class dari gland.bisa dilihat di posting lain mengenai accessories cable gland.

      3. Flexible conduit biasanya tidak diperlukan, kecuali areanya corrosif terhadap PVC (bahan outer sheath cable).

      4. Tentu dengan senang hati bisa membantu. Hanya spesifikasi dari cable harus jelas. apakah ini Single wire/multiwire? apakah ada armour/sheath? Apakah type cable (ada campuran/coumpound cable yang tidak boleh ditekan karena menimbulkan cold flow). apakah hazardous area? apakah aplikasinya dan material box? (untuk menentukan material yang proper untuk gland menghindari galvanic corrosion).

Drop me your comment

%d bloggers like this: