Aug 262011
 

Kembali ke basik adalah langkah bijaksana ketika kehilangan arah ke depan.  demikian juga waktu belajar motor induksi. Dibawah ini adalah model ideal (walaupun) tidak sepenuhnya “exact” dari motor induksi.

Gambar 1

hubungan frekuensi dan kecepatan dapat dijelaskan sebagai: \omega_{r}=\omega_{s}-\frac{p}{2}\omega_{m} rad/s. dimana : \omega_{r} =frequensi sudut rotor. \omega_{s}=frekuensi sudut stator. \omega_{m}=kecepatan sudut rotasi. p=pole. Sedangkan slip didefinisikan sebagai s=\frac{\omega_{r}}{\omega_{s}}=\frac{\omega_{s}-\frac{p}{2}\omega_{m}}{\omega_{s}} pu.

Dari persamaan dasar \frac{E_{mA}}{E_{ma}}=s\frac{N_{re}}{N_{se}} dan seterusnya, kita bisa dapatkan \frac{P_{mA}}{P_{ma}}=s. Dari situ, power 3 phase yang dikonversikan menjadi tenaga mekanis adalah : P_{mech}=3(P_{ma}-P_{mA})=3(1-s)P_{ma}=3\frac{p}{2}\frac{\omega_{m}}{\omega_{s}}P_{ma} W. Torsi yang dihasilkan pada rotor sebesar T=\frac{P_{mech}}{\omega_{m}}=3\frac{p}{2}\frac{P_{ma}}{\omega_{s}} N.m.

Pada motor induksi type wound rotor, model gambar 1 diperlukan, disebabkan adanya hubungan rotor dengan koneksi external. Untuk type motor induksi yang rotornya tidak berhubungan secara external kita bisa menggunakam model circuit seperti dibawah.

gambar 2 (klik untuk memperbesar)

pada gambar 2 tersebut :

P_{ma}=\frac{R'_{r}}{s}(I'_{r})^2=R'_{r}(I'_{r})^2+\frac{(1-s)}{s}R'r(I'_{r})^2 W.dan karena jelas bahwa R'_{r}(I'_{r})^2 merupakan rugi-rugi per-phase di rotor, maka P_{mech}=3\frac{(1-s)}{s}R'r(I'_{r})^2 W. next >> modeling parameter motor induksi dengan tegangan konstan frekuensi konstan.

Print Friendly

  6 Responses to “Model Motor Induksi”

  1. […] feed Model Motor InduksiSetting Instantaneous unit proteksiPemakaian screened cable pada aplikasi VFDVFD : Interferensi […]

  2. […] Model Motor InduksiModelling Parameter Motor Induksi dengan Tegangan Konstan Frekuensi Konstan.Model Motor InduksiSetting Instantaneous unit proteksiPemakaian screened cable pada aplikasi […]

  3. mas saya tertarik dengan pemodelan loading dan unloading untuk motor induksi bisa dibuat analisa nya untuk pos berikut ? thanks ya

    • agak kurang mengerti dengan loading dan unloading model. Biasanya yagn dimodelkan adalah steady state (seperti yagn saya tulis) dan transient model (seperti biasa, lebih complicated). ada contoh referensi yang bisa menjelaskan maksud mas jabbar?

  4. mas, jika pemodelan motor induksi menggunakan metode keangka referensi atau transformasi clarke park bagaimana ya?
    tnx..

Drop me your comment

%d bloggers like this: