Aug 302011
 

sering kita mendengar berita kebakaran rumah atau pabrik dengan penyebab adalah ” gangguan hubung singkat listrik”. Akan tetapi disisi lain kita melihat instalasi PLN melalui kontraktornya memiliki kualitas yang tidak memadai untuk mengurangi bahaya tersebut. Salah satu alat proteksi mendasar untuk menjaga rumah dan anggota keluarga kita dari bahaya listrik adalah ELCB (earth Leakage Circuit Breaker).Bentuknya seperti ini :

Harganya ELCB memang relatif mahal 350-400 ribu (yang asli), tetapi imbalannya adalah keselamatan rumah dan anggota keluarga kita. Alat ini menjaga agar kebocoran arus listrik yang melewati “jalur yang tidak seharusnya” mis: tubuh manusia, percikan api akibat konslet dibatasi pada 30 mili ampere. Batas jantung kita bereaksi adalah sedikit diatas ambang nilai tersebut.  Pada saat kebakaran karena listrik terjadi, ada arus yang tidak melalui kabel dan akan dideteksi oleh ELCB dan memadamkan arus listrik ke arah titik gangguan dan memadamkan sumber kebakaran saat api masih sangat kecil. Pada umumnya kabel yang baik berbahan PVC fire retardant, seharusnya api tidak tersebar lebih jauh. Perambatan api melalui kabel disebabkan karena pemakaian kabel yang tidak semestinya,: mis: kabel audio sebgai kabel daya.

Memang ada efek “negatif” dari pemasangan ELCB ini. Karena dia bertindak aktif, jika ada perlatan yang berkualitas rendah (sehingga gampang ada kebocoran setrum), ELCB akan memutus jalur tersebut dan alat tersebut mati. Mis-tripping (salah operasi) juga terjadi ketika ada semut mengumpulkan tanah di lubang steker.

Perimbangan inilah yagn harus diputuskan saat memasang alat ini untuk rumah tangga kita, keselamatan vs kontinuitas.

salam keselamatan.

Print Friendly

  3 Responses to “Keselamatan listrik dalam rumah tangga”

  1. […] Mengapa PLN tidak mewajibkan seluruh konsumennya memakai ELCB? dear pembaca, pasanglah ELCB untuk keselamatan rumah tanggamu seperti yagn pernah kutulis di http://setrumsetruman.wordpress.com/2011/08/30/keselamatan-listrik-dalam-rumah-tangga/. […]

  2. […] ELCB? dear pembaca, pasanglah ELCB untuk keselamatan rumah tanggamu seperti yagn pernah kutulis di http://setrumsetruman.com/?p=385.Jangan terlalu pelit untuk […]

  3. […] Kayak apa sih penampakannya dan berapa harganya. Lihat di posting ini. […]

Drop me your comment

%d bloggers like this: