Oct 132013
 

Cukup sering keyword tegangan sentuh terbaca oleh mbah Google. Dalam tulisan ini kita gali kembali ďefinisinya dan aplikasinya. Menurut IEC 60050, tegangan sentuh adalah tegangan antara objek yang bertegangan dengan kaki personel yang menyentuh objek bertegangan tersebut. Tegangan sentuh dibagi 2 kategori, tegangan sentuh langsung dan tegangan sentuh tidak langsung. Disebut tegangan sentuh langsung,  jika objek yang bertegangan tadi memang bertegangan dalam kondisi normal. Disebut tegangan sentuh tidak langsung,  jika objek yang bersangkutan tidak bertegangan pada kondisi normal. Objek terebut menjadi bertegangan ketika terjadi gangguan (fault), contoh body perlengkapan listrik.

 
Tegangan sentuh langsung adalah tegangan antara objek yang bertegangan pada kondisi NORMAL dengan kaki manusia yang menyentuh objek tersebut

 

tegangan sentuh tidak langsung, jika objek yang bersangkutan tidak bertegangan pada kondisi normal. Objek terebut menajdi bertegangan ketika terjadi gangguan (fault), contoh body perlengkapan listrik.

Bagaimana ini bisa berbahaya? Lebih lengkap bisa dibaca di posting yang terdahulu pentanahan 4.

Print Friendly

Drop me your comment

%d bloggers like this: